Outbound Training for Softskill Development

Outbound dapat digunakan sebagai salah satu metoda dalam training soft-skill, atau di kombinasi, tujuan nya adalah agar Visual, Auditory dan kinestetik peserta bekerja optimal sehingga pembelajaran  dapat lebih mudah di cerna, di pahami dan dipraktekan.

Pada dasarnya kompetensi dapat di kelompokan menjadi dua besar, teknikal dan soft-skill yang keduanya sama penting, kompetensi teknis sangat diperlukan terlebih lagi bagi karyawan pemula untuk mampu mengerjakan tugas sesuai fungsinya, namun pada kenyataannya banyak profesional lupa atau perusahaan kurang memberi perhatian untuk meningkatkan kemampuan soft-skill.

Harvard Business School merilis riset yang mengatakan bahwa 85% karyawan keluar karena masalah attitude, dan riset lain menunjukan bahwa kegagalan Leaders 90% di sebabkan karena lemahnya kompetensi Soft-skill. Semakin tinggi posisi semakin di butuhkan kemampuan ini, kompetensi Soft-skill sangat diperlukan saat berinteraksi dengan orang lain, baik itu internal maupun eksternal.

Service Excellence termasuk salah satu kompetensi soft-skill yang penting, bertumpu pada konsep 3 P : Product – Process – People, bagian terakhir adalah menyangkut bagaimana sikap pelayanan yang dilakukan bagian inilah yang di rasakan oleh pelanggan, sehingga penting untuk menanamkan Mindset Service Excellence untuk memunculkan perilaku yang di inginkan.

Program training Service excellence pada awalnya tentu harus dilakukan secara In-class, setelah mindset terbentuk barulah di lanjutkan dengan kegiatan outbound yang di rancang sedemikian rupa sebagai simulasi, ada banyak teknik, metode atau cara, salah satunya adalah dengan teknologi Mind power, artinya menginstall pemahaman melalui keterbukaan pikiran dengan mengoptimalkan VAK, Silahkan lihat foto-foto dibawah ini untuk mendapatkan inspirasi lebih lanjut, bila ingin lebih detail silahkan hubungi team Outbound Training kami untuk konsultasi secara gratis.

 

outbound-training

outbound-training

outbound-training

Membangun Zona Integritas adalah Topik sentral dari program outbound training ini, tujuannya adalah untuk menanamkan core values Integritas pada setiap diri karyawan, apakah metode yang dipilih ? :

  1. Workshop in class bertujuan untuk menyamakan persepsi arti integritas dan contoh perilaku ditempat kerja, membangun Mindset yang tepat tentang apa penting dan manfaat nya bagi karyawan dengan metode Cartesian Coordinate.
  2. Core values yang sudah di terima secara rasional ini di Perkuat dengan Metode Hypnosis untuk masuk ke bawah sadar dan diterima secara emosional, dasarnya adalah apa yang bisa di terima oleh pikiran dan hati pasti menimbulkan perilaku.
  3. Langkah selanjutnya adalah kegiatan Outbound sebagai simulasi untuk mempraktekan semua yang telah dipelajari di dalam kelas, Games bersifat low impact, tapi seru dan pasti fun. Setiap games di pilih sedemikian rupa untuk memperkuat pentingnya integritas dalam mencapai tujuan.
  4. Program ini dilakukan selama tiga hari dua malam, dan pada malam berikutnya dilakukan kegiatan Glass walk, sebagai simulasi bahwa untuk mencapai tujuan akan ada banyak hambatan, disini MindPower peserta di uji, apakah fokus pada kesulitan atau tujuan. Glass walk ini aman bila dilakukan oleh master trainer bersertifikat international, tidak ada magic namun benar-benar mengasah dan menguji kekuatan pikiran.

 

outbound-training

outbound-training

outbound-training

 

Video clip berikut ini memberi gambaran lebih jelas tentang Program soft skill dengan Outbound training :

Pelatihan Pengembangan SDM 

 

Selain contoh Outbound Training untuk soft-skill diatas, dapat juga dilakukan untuk training :

Outbound training for Leadership

Outbound training  for Management

Outbound training for Behavior